Resep Cara Membuat Kari Ayam Spesial Sederhana Paling Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kari Ayam Spesial Sederhana Paling Enak

Resep Cara Membuat Kari Ayam Spesial Sederhana Paling Enak

Kali ini kita ulas tentang resep kari ayam, apabila anda pernah makan kari ayam tentu sudah tahu bagaimana rasa kari ayam. Kari ayam itu enak, coba saja kalau tidak percaya. Apalagi anda seorang pecinta kuliner tentu makanan ini tidak luput dari incaran anda. Selain hanya makan kari ayam, tentu lebih baik anda juga mengetahui apa itu kari ayam dan dari mana asalnya.

Pada umumnya kari ayam sudah menyebar di berbagai daerah Indonesia. Hal ini disebabkan karena memang rasanya yang mantap dan disukai oleh masyarakat. Sebenarnya kari ayam bukan asal Indonesia melainkan berasal dari Asia Selatan terutama dari India.

Kepopuleran kari menyebar hingga negara-negara besar seperti Asia Pasifik dan Eropa. Begitu luar biasa pesat perkembangannya. Sebenarnya kari adalah sebuah nama untuk makanan yang mempunyai rasa yang tajam dan pedas yang diolah dengan berbagai jenis rempah-rempah. Memang untuk pembuatan bumbu dan rempah-rempah tergantung dari jenis kari asal masakan tersebut.

resep kari ayam,cara membuat kari ayam

Kari ayam begitu menggoda karena tampilan warnanya yang begitu menari. Warna kuning kemerahan terdapat pada kuahnya. Warna tersebut dihasilkan dari bumbu kari yang di padukan dengan santan kelapa yang gurih.

Kari ayam ramai dan sering kita jumpai pada hari besar seperti hari raya, idul Adha dan hari besar lain. Selain itu di berbagai acara seperti resepsi dan lainnya juga tidak jarang kita temui. Selain itu kari ayam bisa untuk di sajikan di rumah untuk menu makan sehari-hari. Kari ayam bisa dimasukkan dalam menu spesial khas buatan sendiri.

Untuk itu kita akan membuat resep kari ayam. Jadi anda tidak perlu keluar rumah hanya untuk menikmati kari ayam karena sudah bisa buat sendiri. Sepertinya anda sudah tidak sabar ingin mencobanya. Berikut ini adalah resep kari ayam dan cara membuat kari ayam. Silakan simak sampai habis.

Resep Kari Ayam

Bahan Ukuran
Ayam di potong jadi 8 bagian 1 ekor
Bawang putih di iris tipis 4 siung
Daun salam koja 3 tangkai
Serai di ambil putihnya dan memarkan 3 batang
Pala bubuk 1/2 sendok teh
Kayu manis 3 cm
Cengkeh 5 buah
Kapulaga 3 buah
Tomat merah di potong-potong 1 buah
Gula pasir 3/4 sendok teh
Santan dari 1/2 butir kelapa 700 ml
Garam 1/2 sendok makan
Margarin untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Ketumbar 1/2 sendok makan
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Jinten 1/2 sendok teh
Adas manis 1/2 sendok teh
Jahe 3 cm
Cabai merah keriting 5 buah
Cabai merah besar 2 buah
Kemiri di sangrai 3 butir

Cara Membuat Kari Ayam

  1. Ambil daging ayam yang sudah disiapkan, kemudian di lumuri dengan air asam jawa sebanyak 1 sendok dan garam ½ sendok makan saja. Kemudian daging ayam didiamkan kurang lebih 20 menit agar bumbu meresap.
  2. Sambil menunggu bisa tumis bumbu yang sudah dihaluskan di atas kemudian tambahkan bawang putih. Selanjutnya masukkan beberapa bahan lainnya sepeti tomat merah, kapulaga, cengkeh, pala bubuk, serai, salam koja, dan kayu manis. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya ayam yang sudah di rendam dimasukkan pada bumbu tersebut. aduk hingga rata dan sampai berubah warna. Tambahkan juga dengan bumbu perasa seperti garam, gula dan santan agar mantap. Biarkan beberapa lama hingga matang dan bumbunya meresap. 
  4. Apabila sudah siap untuk di angkat dan disajikan.
Resep kari ayam di atas untuk 8 porsi, pembuatan kari ayam menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Tentu dalam pemilihan bahan utama haruslah berkualitas. Menggunakan daging yang baik dan masih fresh. Tentu untuk mendapatkan daging yang segar anda bisa beli di pasar terdekat di kota anda.

Tidak ada salahnya sajian spesial seperti resep kari ayam ini beberapa Minggu sekali bisa menemani hari-hari anda. Itu saja sedikit tips yang bisa anda coba sendiri di rumah, semoga bermanfaat, membantu. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Lihat juga resep menarik seperti ini..
cara membuat seblak basah dan resep capcay