Resep Sop Buntut Sapi Paling Enak Istimewa Spesial - RESEP DAPUR KOKI

Resep Sop Buntut Sapi Paling Enak Istimewa Spesial

Resep Sop Buntut Sapi Paling Enak Istimewa Spesial

Ternyata masih ada bagian yang tidak kalah enak lho pada daging sapi. Daging sapi menjadi favorit kebanyakan orang, terutama karena memang rasanya yang lezat. Selain itu daging sapi mempunyai bagian-bagian tertentu yang bisa diandalkan misalnya bagian iga sapi. Iga sapi juga sangat enak apabila dijadikan sop iga. Ternyata selain iga ada satu bagian yang mungkin jarang dilirik. Bagian sapi tersebut terletak pada buntut, kemudian dijadikan sop buntut sapi kebayang kan..

Bagian buntut ini juga sering dijadikan pilihan bahan untuk membuat sop yang enak. Karena itu kita ulas bagaimana resep sop buntut yang enak. Karena resep ini begitu menggoda dan menggugah selera makan anda tentunya.

resep sop buntut, resep sop buntut sapi

Menikmati semangkuk sop buntut, untuk menikmati semangkuk sop buntut saya rasa jarang sekali. Sop buntut bisa kita dapat dengan membeli di beberapa rumah makan. Memang kalau kita lihat jarang sekali yang menjual menu ini di beberapa rumah makan maupun di warung makan jalanan. Kecuali mereka yang memang menjadikan sop buntut sebagai menu pilihan mereka.

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena kita akan membuatnya sendiri di rumah. Resepnya sudah siap untuk di coba. Beberapa bumbu saya kira begitu sederhana seperti tomat, garam, merica dan beberapa bumbu lainnya yang bisa anda simak berikut ini.

Resep Sop Buntut

Bahan Ukuran
Buntut sapi 800 gram
Tomat, potong-potong 2 buah
Garam 7 sendok teh
Kecap manis 2 sendok makan
Daun bawang, potong 1 cm 2 batang
Air 3.000 ml
Bawang merah, iris halus 5 butir
Biji pala 1/2 buah
Jahe, bakar, memarkan 2 cm
Cengkeh 5 butir
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Bahan Sambal
Bahan Ukuran
Bawang putih 2 siung
Cabai rawit merah 50 gram
Garam 1/4 sendok teh
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Emping goreng 100 gram
Bawang goreng 2 sendok makan
Jeruk nipis. potong-potong 2 buah
Acar timun dan wortel secukupnya

Resep Sop Buntut Sapi

  1. Buntut sapi yang sudah disiapkan dan di cuci bersih kemudian di presto. Presto hingga beberapa lama sampai empuk. Kemudian air kaldu kurang lebih hingga 2500 ml dan didihkan kembali. Tambahkan kembali beberapa bumbu yang diperlukan seperti pala, jahe, cengkeh dan bawang merah. Di lanjut lagi hingga benar-benar beraroma harum.
  2. Masak buntut yang telah siap hingga matang, campurkan tomat. Selain itu tambahkan juga garam, gula, merica serta kecap manis. Jangan lupa untuk menambahkan daun bawang. Aduk kembali hingga rata.
  3. Apabila sudah masak bisa di angkat kemudian di hidangkan dengan pelengkap.

Demikian, saya yakin sop buntut ini dapat membangkitkan selera makan keluarga dan momen untuk berkumpul bersama di akhir pekan. Di beberapa momen spesial anda bisa jadi resep sop buntut ini bisa diandalkan. Menu yang begitu pas membuat anda tidak sabar ingin segera mencobanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Lihat juga artikel menarik ini...
bumbu ikan bakar dan cara membuat sop buah