Resep Cara Membuat / Bikin Martabak Manis Mini Sederhana - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat / Bikin Martabak Manis Mini Sederhana

Resep Cara Membuat / Bikin Martabak Manis Mini Sederhana

Kue yang begitu istimewa namun mungil, martabak manis mini..

Martabak manis mini banyak peminatnya, seperti yang kita lihat martabak manis mini memenuhi pinggiran jalan. Martabak manis mini banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak. Rasa yang enak dan bisa jadi teman saat santai serta sangat cocok dinikmati ketika bersantai kemudian di temani secangkir teh panas. Seruput.. begitu mantap...

Disebut mini, karena memang ukurannya yang kecil. Tampak begitu lucu namun rasanya membuat orang ketagihan. Tidak jarang mereka menjadikan martabak mini sebagai salah satu makanan favorit. Dibuat dengan ukuran cetakan yang kecil sehingga menarik dan simpel.

resep martabak manis,cara membuat martabak manis,resep martabak manis mini,cara buat martabak manis,martabak manis teflon,resep martabak manis bangka,resep membuat martabak manis,cara bikin martabak manis,cara membuat martabak manis mini

Seiring perkembangannya martabak manis mini sudah menyebar ke berbagai kota dan daerah yang ada di Indonesia. seperti contoh martabak manis bangka dan martabak manis bandung. Menjadikan kota sebagai nama dari martabak ini.

Selain itu yang membuat menarik terdapat pada tekstur yang dimilikinya. Teksturnya begitu lembut dan berongga serta rasanya gurih karena pada dasarnya diberi mentega. Selain itu martabak ini mempunyai variasi pada isinya. Beberapa isi yang paling populer adalah coklat kacang dan coklat keju.

Pada kesempatan kali ini, khusus ingin share bagaimana cara membuat martabak manis. Sehingga dirumah kita juga bisa membuatnya. Selain itu apabila sudah bisa maka bisa dijadikan menu spesial buat keluarga. saya jamin pasti senang, apalagi dibuat oleh istri tercinta. Sepetinya sudah tidak sabar lagi berikut ini resep dan cara membuat martabak mini.

Resep Martabak Manis Mini

Bahan Ukuran
Tepung terigu protein sedang 500 gram
Baking powder 1 sendok teh
Gula pasir 100 gram
Telur di kocok lepas 2 butir
Vanili bubuk 1/4 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Air 650 ml
Bahan Taburan Per Loyang
Bahan Ukuran
Mentega asin 1/2 sendok makan
Gula pasir 1/2 sendok teh
Meises 1 sendok makan
Wijen sangrai 1/4 sendok teh
Keju parut 25 gram
Susu kental manis 1/2 sendok makan

Cara Membuat Martabak Manis Mini

  1. Buat kulit yaitu dengan mencampur tepung dan baking powder kemudian di ayak agar halus. Selanjutnya masukkan gula pasir, aduk kembali. Tambahkan juga beberapa bahan garam, vanili buuk, dan telur. Aduk kembali agar tercampur dengan sempurna.
  2. Tambahkan / masukkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan mixer kecepatan sedang hingga lembut. Diamkan kurang lebih hingga 60 menit.
  3. Adonan di timbang dan ambil kurang lebih 125 gram sudah cukup. Kemudian tambakan ¼ sendok teh baking powder. Aduk kembali hingga rata.
  4. Ambil cetakan martabak manis kecil. Kemudian masukkan di sana. Cetakan sudah dipanakan sebelumnya kurang lebih hingga 15 menit dengan api sedang. Setelah adonan berbusa kecilkan apinya. Taburi dengan ½ sendok teh gula pasir kemudian biarkan hingga berlubang. Tutup kembali biarkan kembali hingga matang. Lalu angkat.
  5. Pada bagian atas martabak manis diolesi dengan ½ sendok mentega asin. Beri taburan dengan gula pasir, wijen, meies, keju parut kemudian susu kental manis. Martabak manis sudah siap untuk dihidangkan.
Mudah bukan, resep martabak manis mini ini bisa anda praktekkan di rumah. Anda bisa berkreasi sendiri misalnya berkreasi dengan bahan-bahan sesuai selera anda. Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Selain martabak ada juga resep yang tidak kalah menarik seperti ini...
resep sop buah dan resep sop buntut