Resep Cara Membuat Sop Ikan Batam Asli Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Sop Ikan Batam Asli Enak

Resep Cara Membuat Sop Ikan Batam Asli Enak

Jenis sop yang sering kita konsumsi adalah sop sayur. Namun, kali ini khusus bagi yang suka dengan ikan karena kita akan ulas tentang resep sop ikan. Pada umumnya kalo punya ikan yang sering terbayang adalah membuat ikan bakar yang sudah pernah di ulas pada resep dapur koki ini.

Sop ikan merupakan makanan yang terbuat dari ikan entah itu ikan tawa maupun ikan laut. Sop ikan ini bisa anda gunakan jenis ikan seperti ikan kakap, bandeng, bawal dan ikan nila. Mengolah ikan laut dengan kuah memang tidak mudah. Tidak semudah membuat ikan bakar ataupun ikan goreng. Karena memang diperlukan keahlian atau latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada salahnya mencoba, memang untuk mengolah ikan berkuah kebanyakan dari kita masih kurang PD. Takut hasilnya tidak enak, amis, atau tidak berhasil. Selagi ada kemauan semua bisa terwujud. Asalkan rajin berlatih resep sop ikan satu saat akan masuk dalam daftar menu andalan spesial di rumah anda.

resep sop ikan, resep sop ikan batam, cara membuat sop ikan

Cara agar ikan yang akan di olah agar tidak amis yaitu dengan merendam ikan yang sudah di cuci bersih dalam perasan jeruk nipis. Perendaman dilakukan kurang lebih hingga 10 menit setelah itu di olah lebih lanjut menjadi sop ikan yang enak. Selain itu bisa menambahkan bahan-bahan lainnya untuk mengurangi amis seperti daun jeruk, serai serta kemangi.

Resep sop ikan merupakan variasi dari olahan ikan laut yang bisa di andalkan. Jadi tidak hanya itu itu saja, semakin lama semakin berkembang. Indonesia yang kaya akan hasil laut harus di kelola dengan baik terutama cara mengolahnya. Jangan khawatir dengan rasanya kalau dilakukan dengan benar pasti sedap. Sepertinya anda sudah penasaran dengan resep sop ikan ini. Untuk itu kami sajikan bagi anda resep yang begitu spesial ini. Silakan simak berikut ini.

Resep Sop Ikan Batam

Bahan Ukuran
Ikan nila diambil dagingnya diiris melebar miring 3 buah
Air jeruk nipis 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Air 1.500 ml
Ebi disangrai dan haluskan 1 sendok makan
Tomat hijau dipotong-potong 3 buah
Bawang merah goreng diremas-remas halus 2 sendok makan
Garam 4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Sawi asin dicuci bersih dipotong-potong 75 gram
Kecap ikan 1/2 sendok teh
Kemangi dipetiki 2 tangkai

Cara Membuat Sop Ikan Batam

  1. Ikan yang cuci dan disiapkan bersih kemudian di rendam dalam air jeruk nipis yang dicampur dengan garam. Sisihkan.
  2. Siapkan air untuk merebus kemudian beri ebi, tomat hijau, garam, merica bubuk, bawang merah hijau. Rebus hingga mendidih dan wangi harum.
  3. Selanjutnya masukkan ikan kakap dan masak hingga beberapa lama dan berubah warna. Tambahkan juga kecap ikan serta sawi asin. Masak hingga beberapa lama agar mendidih dan matang.
  4. Jangan lupa tambahkan juga daun kemangi. Aduk perlahan hingga rata. Dan angkat, sajikan selagi masih hangat.
Selain untuk di konsumsi bersama dengan nasi putih melengkapi makan bersama dengan keluarga. ikan juga berperan banyak dalam penyuplai gizi bagi tubuh kita. Sop ikan sangat pas apabila disajikan ketika masih hangat. Hidangan seperti ini lebih tepat di makan ketika musim dingin sehingga membuat suasana semakin hangat. Mungkin itu saja, oya untuk ikan bisa anda dapatkan di pelabuhan lebih segar karena hasil tangkapannya masih baru atau bisa di supermarket terdekat. Demikian, semoga bemanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga resep menarik seperti ini..
cara membuat sambal bawang dan resep singkong Thailand