Resep Cara Membuat Seblak Basah Pedas Bandung Spesial Sederhana - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Seblak Basah Pedas Bandung Spesial Sederhana

Resep Cara Membuat Seblak Basah Pedas Bandung Spesial Sederhana

Tekstur yang kenyal dan rasa yang pedas membuat anda jatuh hati, seblak basah...

Seblak baru-baru ini sedang populer di kalangan masyarakat, terutama masyarakat Bandung. Padahal seblak ini cukup sederhana yang bisa dilihat dari menunya. Menu utama ini terbuat dari bahan kerupuk mentah yang kemudian di tumis dengan sambal. Selain itu, seblak basah tidak jarang disajikan dengan beberapa pelengkap seperti sosis, bakso ataupun makaroni.

Tentu saja anda yang berada di daerah Jawa Barat sudah tidak asing lagi dengan makanan yang sudah menjadi makanan khas Bandung ini. Jadi apabila anda berkunjung ke Bandung silakan coba sendiri. Di beberapa tempat di Bandung sudah banyak tersebar penjual seblak basah. Sehingga bisa anda dapatkan dengan mudah untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga ke sana.


Selain itu, kepopulerannya sudah masuk festival di Bekasi kemarin, jadi anda para pecinta kuliner bisa menikmati secara langsung makanan seblak dari Bandung asli. Selain itu harganya juga relatif murah, hanya dengan 15 – 18 ribu anda sudah bisa menikmati seblak basah.

Seblak adalah kerupuk yang sengaja di bantatkan, sajian dengan rasa yang khas pedas dan kenyal ini begitu menggoda. Pasti anda penasaran bagaimana cara membuat seblak. Khusus bagi anda, pada kesempatan ini sengaja ingin sharing tentang resep seblak basah. Jadi anda bisa buat sendiri di rumah. Seblak di racik dengan aneka bumbu yang sederhana bisa anda lihat di sini.

Resep Seblak Basah

Bahan Ukuran
Kerupuk aci mentah 1.000 gram
Air panas untuk merendam secukupnya
Telur ayam 8 butir
Air 200 ml
Garam 4 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Daun bawang diiris halus 4 batang
Minyak untuk menumis 8 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang putih 20 siung
Tomat merah 4 buah
Kencur 2 cm
Cabai keriting 4 buah
Cabai rawit 12 buah

Cara Membuat Seblak Basah

  1. Lunakkan kerupuk dengan cara di rebus sebentar kemudian angkat dan tiriskan. Masukkan kerupuk dalam air panas di rendam hingga beberapa lama sampai terlihat bening. Apabila sudah angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan dan panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus di atas hingga harum.
  3. Masukkan juga telur kemudian aduk sehingga terlihat telur terbentuk menjadi butiran-butiran.
  4. Kerupuk yang tadi direndam di masukkan, tambahkan air kemudian aduk. Jangan lupa tambahkan juga beberapa bahan perasa yaitu gula, garam, dan kaldu bubuk. Tumis hingga beberapa lama dan airnya meresap. Selain itu tambahkan juga daun bawang aduk beberapa saat dan angkat.
  5. Seblak basah sudah siap untuk di sajikan.
Resep ini untuk 40 bungkus, tidak jarang mereka menggunakan seblak sebagai ajang bisnis yang prospek. Sehingga begitu ramai penjual seblak basah. Perlu diperhatikan untuk mendapatkan seblak yang pas kerupuk aci harus direndam beberapa lama hingga dingin tujuannya agar dapat menyerap air sehingga tidak keras. Seblak juga bisa disajikan untuk keluarga yang bisa anda buat sendiri seperti resep dan cara membuat seblak basah di atas. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Coba juga resep yang tidak kalah lezatnya disini...
macaroni schotel panggang dan resep perkedel jagung