Resep Cara Membuat Lontong Sayur Padang Asli Mantap - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Padang Asli Mantap

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Padang Asli Mantap

Nikmati perpaduan antara lontong sayur padang dengan kerupuk merah.

Lontong adalah makanan yang terbuat dari beras, yang kemudian di kukus hingga menjadi padatan. Bungkus yang digunakan untuk lontong biasanya menggunakan daun hingga berbentuk lonjong bulatan. Namun, di daerah Sumatera Barat lontong biasanya paling mini dibungkus menggunakan plastik selain itu yang paling sering menggunakan anyaman seperti ketupat.

Seperti yang anda ketahui bahwa suku Minangkabau mempunyai masakan khas yang cukup terkenal di seluruh nusantara. Begitu banyak makanan padang yang menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Tentu hal tersebut adalah kebanggaan tersendiri. Masakan suku minangkabau ini mempunyai kuliner yang kaya.

lontong sayur padang,resep lontong sayur padang,resep lontong sayur,cara membuat lontong sayur,lontong sayur

Salah satunya adalah lontong sayur padang. Lontong sayur ini mempunyai ciri khas yang terdapat pada kuahnya. Kuah lontong sayur begitu kental karena kaya akan bumbu rempah-rempah yang tercampur dalam kuah santan. Selain itu, kuah yang terdapat pada lontong sayur padang tidak hanya kuah saya. Tetapi juga mengandung sayuran kacang dan gulai nangka. Kuah sayur yang berisi sayuran terasa begitu lengkap jadi tidak hanya terasa makan lontong saja. Sayuran juga mempunyai banyak manfaat seperti.

Selain itu lontong sayur padang dilengkapi dengan lado merah, bagi anda yang suka pedas sangat cocok bagi anda. Namun, apabila tidak apabila membeli lontong sayur padang bisa meminta kurangi lado merahnya agar tidak terlalu pedas. Lado merah olahan khas minangkabau ini memang membuat makan semakin lahap dan meningkatkan selera makan dengan baik.

Resep Lontong Sayur Padang

Bahan Ukuran
Nangka muda di potong-potong 500 gram
Kacang panjang di potong 3 cm 150 gram
Daun salam 2 lembar
Lengkuas dimemarkan 2 cm
Santan dari 1 1/2 butir kelapa 2.000 ml
Garam 2 sendok makan
Gula merah sisir 1 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 5 buah
Cabai merah besar 3 buah
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung
Kunyit di bakar 1 cm
Jahe 1 cm
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Lontong 8 buah
Kerupuk merah 200 gram
Bawang merah goreng untuk taburan 4 sendok makan
Telur balado di belah 2 bagian 4 butir

Cara Membuat Lontong Sayur

  1. Siapkan minyak untuk menumis bumbu yang sudah di haluskan, daun salam, kemudian lengkuas. Tumis hingga berubah warna dan harum. Selanjutnya tuangkan santan dan masak hingga mendidih.
  2. Selanjutnya masukkan beberapa bahan lainnya seperti kacang panjang, garam, gula merah dan nangka mudah yang sudah siap. Masak hingga matang.
  3. Setelah masak lontong sayur padang siap untuk di sajikan.
Resep ini untuk 4 porsi, sebagai menu makan lontong sayur padang di lengkapi dengan kerupuk merah serta taburan bawang goreng. Entah itu kerupuk jenis apa, anda bisa mencari tahu sendiri. Kalau lontong biasa, memang tidak dilengkapi dengan lontong jenis ini. Taburan kerupuk ini bisa menjadi pelengkap yang pas.

Lontong sayur juga dapat dinikmati dengan berbagai lauk seperti telor ayam bulat dan ayam gulai. Akan terasa begitu mantap dan anda pasti lahap. Demikian semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Resep yang juga begitu menarik untuk di coba seperti..
cara membuat kue lapis dan resep kue semprit