Resep Cara Membuat Kwetiau Goreng Spesial Sederhana Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kwetiau Goreng Spesial Sederhana Enak

Resep Cara Membuat Kwetiau Goreng Spesial Sederhana Enak

Pernah makan kwetiau, syukurlah kalau sudah. Mungkin jarang, coba sesekali buat sendiri dan apabila belum bisa buat sendiri resep kwetiau sendiri di rumah. Anda bisa lanjut baca artikel ini sampai habis.

Kwetiau merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini sangat populer dan tidak jarang orang menjadikannya sebagai pengganti makan pagi, siang maupun malam hari. Karena memang bisa mengenyangkan dan harganya terjangkau. Sebenarnya kwetiau adalah makanan berjenis mie Tionghoa yang terkenal dan sudah menyebar di masyarakat terutama di kota Jakarta.

Kwetiau dijadikan sebagai salah satu pengganti / alternatif nasi karena mengandung karbohidrat. Selain itu bahan yang digunakan juga beragam diolah dengan beberapa tambahan seperti udang, telur, fillet dan dada ayam. Jadi memang enak sekali dan sangat praktis untuk di coba.

resep kwetiau goreng,kwetiau goreng,cara membuat kwetiau goreng,resep kwetiau

Sering kali menjadi andalan orang Tionghoa. seperti kita lihat di Jakarta misalnya yang mayoritas banyak orang Tionghoa dan makan kwetiau. Hal tersebut menjadi tanda-tanda bahwa kwetiau sangat diminati. Sebenarnya bukan orang Tionghoa saja karena kwetiau sudah menyebar di berbagai daerah dan mudah untuk di dapatkan.

Mulai banyak variasi kwetiau dengan tambahan-tambahan bahan yang lain. Dengan banyaknya variasi dan kaya akan inovasi tentu kwetiau semakin berkembang dan tidak hanya itu-itu saja. Rasanya juga beragam. Mungkin kwetiau di daerah satu dan yang lain tidak sama.

Selain itu kwetiau sudah bisa di temui di Chinese food jadi anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Selain enak memang berkualitas dan halal. Seperti salah satu Chinese food yang ada di Tangerang yang memang mengkhususkan ke menu kwetiau dan dim sum.

Kwetiau sudah menyebar ke berbagai daerah seperti di Pontianak. Kwetiau yang khas dan berbeda dari biasanya. Tentu anda yang penasaran bisa kesana yang letaknya di daerah Bumi Serpong Damai. Apabila belum sempat kesana ya tidak mengapa, karena kali ini kita akan buat sendiri. Penasaran silakan simak resep kwetiau dan cara membuat kwetiau berikut ini.

Resep Kwetiau

Bahan Ukuran
Kwetiau basah, dicuci bersih 300 gram
Bawang putih, dicincang kasar 2 siung
Bawang bombay, diiris panjang 1/2 buah
Telur, dikocok lepas 1 butir
Caisim, dipotong-potong 3 batang
Garam 1 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Bawang, diiris miring 1 batang daun
Air 50 ml
Minyak untuk menumis 1 sendok makan
Bumbu Untuk Rendaman
Bahan Ukuran
Kecap ikan 1 sendok makan
Kecap manis 3 sendok makan
Minyak wijen 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kwetiau Goreng

  1. Kwetiau yang sudah di siapkan dan di cuci kemudian di rendam ke dalam bumbu rendaman kecap dan minyak wijen.
  2. Kemudian panaskan minyak untuk menumis bahan yaitu bawang bombay dan bawang putih. Di tumis hingga harum kemudian sisihkan pada pinggiran wajan.
  3. Selanjutnya anda bisa memasukkan telur, aduk-aduk perlahan hingga tercampur dan membentuk butiran. Berikutnya masukkan caisim, aduk kembali dan air bisa di masukkan. Aduk rata.
  4. Kwetiau siap untuk di tambahkan disusul dengan garam, merica bubuk. Aduk lagi dan tunggu hingga matang. Jangan lupa masukkan daun bawang dan aduk kembali.
Kwetiau di atas untuk 4 porsi, bagaimana mudah bukan, selain mudah rasanya juga tidak mengecewakan lho. Namun, apabila anda masih mencoba sekali, dua kali masih biasa coba berlatih sesering mungkin untuk meningkatkan kualitas rasa dan tampilannya. Kwetiau bisa dinikmati degan beberapa pelengkap yang mantap seperti potongan acar timun, dan cabai.

Oke sekian tips kali ini tentang resep kwetiau dan cara membuat kwetiau. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Lihat juga artikel menarik lainnya..
cara memasak capcay dan resep kari ayam