Resep Cara Membuat Kulit Lumpia Semarang Isi Rebung Asli - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kulit Lumpia Semarang Isi Rebung Asli

Resep Cara Membuat Kulit Lumpia Semarang Isi Rebung Asli

Lumpia yang mungil terasa begitu menggoda...

Pernah pergi atau berkunjung ke kota Semarang, apabila anda pernah ke sana pasti sering terlihat jajanan yang digulung berbentuk agak panjang. Jajan atau kue tersebut bernama lumpia. Lumpia memang populer sekali di kota Semarang karena merupakan makanan khas oleh-oleh di sana. Tidak jarang para pengunjung wisata sering membeli untuk oleh-oleh di bawa pulang ke rumah, untuk keluarga, saudara dan teman-temannya.

Kota Semarang memang kota yang unik dan banyak diminati oleh para wisatawan. Selain sebagai ikon wisata yang terkenal, kulinernya tidak kalah juga. Kuliner yang sangat terkenal yaitu lumpia Semarang.

cara membuat kulit lumpia,resep lumpia,resep kulit lumpia

Jadi apabila anda sempat berkunjung ke sana jangan lupa beli oleh-oleh lumpia yang khas tersebut. apabila belum bisa anda bisa sekali waktu membuat sendiri di rumah. sambil praktek, sekalian buat anak-anak di rumah.

Karena memang selain anak-anak orang dewasa pun juga suka dengan lumpia ini. Lumpia bisa kita jadikan menu spesial di rumah. Selain itu lumpia bisa dijadikan camilan spesial bersama keluarga tercinta.

Lumpia sangat populer dan terkenal kelezatannya, selain itu isinya juga sangat menggoda selera. Untuk lebih jelasnya anda bisa membuat sendiri di rumah. Kami sengaja berbagi resep spesial buat anda. anda bisa menyiapkan beberapa bahan-bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut.

Resep Kulit Lumpia

Bahan Ukuran
Kulit lumpia 15 lembar
Tepung terigu dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk perekat 2 sendok makan
Minyak goreng secukupnya
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Bawang putih, dicincang halus 3 siung
Ebi sangrai, dihaluskan 1 sendok teh
Udang, dicincang kasar 50 gram
Ayam, dicincang kasar 50 gram
Telur, dikocok lepas 2 butir
Rebung kaleng, diiris korek api 200 gram
Kecap manis 1 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bahan Saus
Bahan Ukuran
Bawang putih, dihaluskan 1 siung
Air 300 ml
Gula merah, disisir halus 50 gram
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 25 gram
Tepung sagu dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk pengental 3 sendok makan

Cara Membuat Kulit Lumpia

  1. Untuk membuat lumpia kita buat isinya terlebih dahulu, siapkan minyak kemudian panaskan, tumis ebi dan bawang putih hingga wangi. Kemudian masukkan udang dan ayam hingga harum. Aduk kembali sampai berubah warna.
  2. Sisihkan di pinggiran wajan kemudian masukkan telur. di aduk hingga berbutir. Tambahkan juga rebung yang di aduk kembali hingga layu.
  3. Selanjutnya tambahkan kecap manis, merica bubuk, garam, dan gula pasir. Masak hingga meresap dan mantap.
  4. Proses pembentukan kulit lumpia, ambil kulit lumpia kemudian beri isi dan dilipat kemudian di gulung. Agar tidak lepas rekatkan kulit lumpia dengan larutan tepung terigu. Selanjutnya di goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga matang.
  5. Membuat saus, untuk membuat saus yaitu dengan merebus bawang putih dan air hingga beberapa lama dan mendidih. Selanjutnya masukkan gula merah, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk semua hingga tercampur dan larut.
  6. Agar kental masukkan tepung sagu, masak hingga beberapa lama dan terlihat meletup-letup.
  7. Lumpia dan saus sudah siap di sajikan. Sajikan dengan saus agar lebih mantap.
Resep ini untuk 15 buah, apabila kurang bisa menambahkan sendiri takaran pada setiap bahan-bahannya. Resep lumpia yang begitu spesial ini bisa anda sajikan di rumah. pasti keluarga akan senang sekali. Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat lumpia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga resep menarik lainnya...
cara membuat sayur asem dan resep ayam kecap