Resep Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Kukus Spesial - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Kukus Spesial

Resep Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Kukus Spesial

Makanan tradisional yang paling sering muncul di masyarakat adalah kue lapis.

Kue yang begitu menarik, ketika melihat penampilannya yang berwarna-warni dan terstruktur membuat hati tergoda ingin segera menyantapnya. Memang kue ini jarang atau kurang familiar di kalangan penjual kue. Karena memang kue ini termasuk dalam kue basah / kue tradisional sehingga penjual kurang begitu tertarik seperti layaknya kue modern yang tahan lama.

Mungkin yang menjadi alasan mereka tidak terlalu tertarik menjual kue basah yaitu kurang tahan lama. Tidak sampai 2 hari kue sudah mulai tidak enak dan lembek. Untuk itu masyarakat kita lebih cenderung membuatnya sendiri. Membuat sendiri saya rasa lebih baik dan juga bisa lebih berkreasi.

Mengapa disebut kue lapis, kita bisa lihat dan perhatikan sendiri pada tekstur atau susunan kue yang berwarna-warni kemudian berlapis-lapis sehingga kue ini disebut kue lapis. Warna-warni bisa anda buat sendiri misalnya dengan mencampurkan lebih banyak warna sehingga lebih terlihat menarik.

resep kue lapis,cara membuat kue lapis

Sebagai kue yang tergolong tradisional, kue ini banyak diminati masyarakat walaupun jarang sekali di jual di pasaran. Kue lapis muncul ketika ada acara atau perayaan contohnya pertemuan keluarga, sunatan atau lain sebagainya. Kue lapis sering kali di temui di desa.

Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut membuat kita suka sekali memakannya. Rasa lembut yang dihasilkan oleh kue lapis dihasilkan dari bahan utama yang menggunakan tepung beras. Tepung beras dan bahan-bahan lain yang digunakan dalam pembuatan kue lapis ini begitu sederhana.

Apabila anda berminat ingin membuat kue lapis sendiri sengaja kali ini kami hadirkan resep kue lapis spesial sekaligus cara membuat kue lapis yang begitu sederhana. Anda bisa baca sampai habis artikel ini.

Resep Kue Lapis

Bahan Ukuran
Tepung beras 185 gram
Gula pasir 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Vanili bubuk 1/8 sendok teh
Santan dari 1/2 butir kelapa 800 ml
Pewarna hijau 7 tetes

Cara Membuat Kue Lapis

  1. Buat adonan dengan cara mencampur beberapa bahan antara lain tepung beras, gula, garam, vanili bubuk. Aduk semua bahan secara merata. Selanjutnya tuangkan santan secra perlahan sampai adonan tercampur dengan baik.
  2. Adonan yang sudah jadi di bagi menjadi 2 untuk diberi warna. Satu adonan tetap warna putih dan adonan satunya warna hijau.
  3. Siapkan loyang untuk kukusan. Olesi loyang dengan minyak secara perlahan dan beri juga dengan alas plastik. Loyang yang disarankan berukuran 18x9x5 cm.
  4. Mulai dengan menuangkan adonan putih terlebih dahulu. Kemudian di kukus kurang lebih 5 menit sudah cukup. Agar adonan sedikit hangat dan agak mengeras. Berikutnya tuangkan adonan berwarna hijau. Dan lakukan terus hingga adonan habis.
  5. Setelah lapisan terakhir tertuang, kukus adonan hingga matang. Biasanya proses pengukusan membutuhkan waktu 10 menit.
  6. Potong dan hias sesuai keinginan agar lebih menarik. Kemudian sajikan.
Adonan kue lapis ini untuk 10 potong, setelah kita coba buat resep kue lapis ternyata bahannya begitu sederhana. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk kue lapis ini. Aroma, tekstur begitu menggoda dan menarik. Silakan coba sendiri di rumah. semoga artikel ini bisa membantu anda, bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Coba juga resep ini...
bumbu semur ayam dan resep tumis kangkung