Resep Cara Membuat Bakpao Karakter Lembuat dan Empuk - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Bakpao Karakter Lembuat dan Empuk

Resep Cara Membuat Bakpao Karakter Lembuat dan Empuk

Resep bakpao, di pinggir jalan terlihat beberapa penjual bakpao. Ketika anda jalan-jalan tidak jarang kita lihat penjual bakpao. Bakpao biasanya di jual dengan menggunakan gerobak. Gerobak yang dibawa menggunakan sepeda motor. Penjual bakpao biasanya di temui pada sore hari. Terlihat begitu menarik berjejer-jejer di pinggir jalan.

Sekilas dari kejauhan bakpao terlihat bulat agak pipih seperti roti. Dari bentuknya bakpao begitu lucu sehingga begitu menarik. Selain itu warna bakpao pada umumnya berwarna putih. Putih bersih di hasilkan dari bahan yang digunakan untuk bahan utama yaitu tepung terigu.

Teksturnya begitu lembut sehingga kalau dimakan sangat enak. Kelembutan bakpao banyak yang menyukainya. Tekstur yang lembut ini dipengaruhi oleh bahan yang digunakan misalnya tepung terigu yang halus. Sebelum membuat adonan lebih baik di ayak terlebih dahulu agar lebih lembut.

resep bakpao,cara membuat bakpao,bakpao karakter,resep membuat bakpao,resep bakpao sederhana

Bakpao mempunyai banyak varian, pada umumnya variasinya terdapat pada isinya. Beragam isi yang dimasukkan dalam bakpao sehingga rasanya juga lebih banyak. Beberapa isi yang sering digunakan antara lain seperti kacang hijau, ayam, keju, kacang hitam, stroberi dan lain sebagainya. Untuk isinya anda juga bisa membuat ide sendiri misalnya di ganti dengan yang lain sehingga lebih berbeda.

Bakpao sering dimakan sebagai camilan. Dimakan ketika santai sambil baca koran, sambil minum teh sungguh nikmat. Untuk itu kami bahas khusus untuk cara membuat bakpao pada kesempatan kali ini. Mungkin anda juga tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah sehingga lebih mandiri. Tidak hanya sering beli saja namun, resep membuat bakpao juga bisa.

Resep Bakpao

Bahan Ukuran
Tepung terigu protein rendah 300 gram
Tepung tangmien 60 gram
Ragi instan 2 sendok teh (8 gram)
Baking powder 1/2 sendok teh
Gula pasir 75 gram
Susu bubuk 25 gram
Putih telur 1 buah
Air suji dingin dibuat dari 20 lembar Suji ditambah 2 lembar pandan 175 ml
Mentega putih 30 gram
Garam 1 sendok teh
Pasta pandan 1/8 sendok teh
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Kacang hijau kupas dan direndam selama 2 jam 100 gram
Gula pasir 100 gram
Garam 1/8 sendok teh
Santan kental dari 1/2 butir kelapa 125 ml
Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat Bakpao

  1. Buat isinya terlebih dahulu, di sini kita akan menggunakan kacang hijau sebagai isinya. Siapkan panci untuk mengkukus kacang hijau. Kukus hingga mekar. Apabila sudah angkat. Kemudian blender kacang hijau dan campur dengan dengan santan. Tambahkan juga beberapa bahan lainnya seperti gula pasir, garam, santan, daun pandan kemudian sambil di aduk hingga kalis dan tidak lengket. Kacang hijau di angkat dan dinginkan. Tunggu beberapa saat kemudian bentuk kacang hijau seperti bola-bola ukuran sedang sehingga bisa masuk pada adonan bakpao nantinya.
  2. Selanjutnya kita buat kulit, caranya yaitu beberapa bahan yaitu tepung terigu, ragi instan, tepung tangmien, baking powder, gula pasir serta susu bubuk dalam satu tempat. Jangan lupa masukkan juga telurnya. Uleni hingga hingga rata. Tuangkan air secara perlahan, sedikit demi sedikit disusul dengan daun suji di uleni lagi hingga kalis.
  3. Tambahkan lagi dengan mentega putih dan garam. Kemudian di uleni hingga terbentuk elastis dan siap untuk di buat adonan. Diamkan dulu kurang lebih hingga setengah jam.
  4. Adonan di timbang agar hasilnya rata, tidak ada yang terlalu besar dan terlalu kecil. Ukuran adonan yang ditimbang kurang lebih mencapai 30 gram. Diamkan lagi kurang lebih 15 menit.
  5. Selanjutnya adonan di giling dengan alat penggiling yang sudah di bentuk bulat tadi kemudian masukkan isinya di tengah adonan. Potong jangan putus pada 8 bagian pinggirnya.
  6. Kemudian potongan di setiap bagian tersebut di lipat sehingga terbentuk bunga mawar. Selanjutnya letakkan pada kertas bakpao yang sudah disediakan. Diamkan kembali kurang lebih hingga 40 menit agar adonan mengembang.
  7. Selanjutnya proses pengkukusan. Kukus adonan bakpao menggunakan api sedang hingga matang. kurang lebih sekitar 10 menit bakpao sudah berhasil di kukus.
Memang untuk resep bakpao sederhana ini memerlukan waktu yang agak banyak untuk membuat adonan agar mengembang. Apabila berhasil resep bakpao yang anda buat akan mengembang secara sempurna dan enak dimakan dan bakpao berkarakter. Demikian resep bakpao selamat mencoba di rumah, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Baca juga resep yang tidak kalah menarik disini..
resep lontong sayur dan resep opor ayam