Tips Resep Bumbu Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang - RESEP DAPUR KOKI

Tips Resep Bumbu Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang

Tips Resep Bumbu Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang

Pedasnya ayam bakar taliwang membuat kita susah melupakannya. Ayam bakar taliwang mempunyai ciri khas yang pedas luar biasa. Bagi anda yang suka pedas dan daging menu ini sangat cocok bagi anda. Ayam bakar taliwang merupakan makanan tradisional khas Indonesia tepatnya di daerah Taliwang, Sumbawa Barat, NTB (Nusa Tenggara Barat).

Menu berbahan dasar ayam ini sangat populer di daerah tersebut. Tidak jarang para pengunjung atau para pecinta kuliner berlomba-lomba untuk mencobanya. Ayam taliwang dibuat dengan bahan yang bisa dibilang sangat sederhana. Beberapa bahan yang digunakan seperti cabe, bawang, terasi dan beberapa bumbu lainnya.

ayam bakar taliwang,resep ayam bakar taliwang,bumbu ayam bakar taliwang

Ayam bakar taliwang terasa enak karena cara pembuatannya. Cara pembuatan yang khas bisa terlihat seperti bumbu yang di sangrai. Pada umumnya kalau kita lihat bumbu lain kebanyakan di goreng. Sehingga memang cara memasak yang berbeda akan mempengaruhi rasa. Selain itu ayam bakar taliwang akan terasa sedap dan aromanya begitu mantap. Karena di tambah dengan beberapa perasan jeruk limau.

Apabila anda berkunjung ke daerah taliwang, silakan coba masakan khasnya. Apabila tidak maka anda akan merasa rugi karena memang enak sekali. Kecuali anda bisa membuatnya sendiri di rumah. akan tetapi ketika kita bisa menikmati makanan khas dan makan di daerah tersebut rasanya akan berbeda. Namun, tidak ada salahnya apabila anda ingin membuat sendiri. Hal tersebut justru bagus selain itu anda bisa sering-sering menyajikannya pada keluarga tercinta.

Resep Ayam Bakar Taliwang

Bahan Ukuran
Ayam kampung di belah pada bagian tengah jangan sampai putus 1 ekor
Perasan air jeruk limau 1 1/2 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Minyak untuk menumis 3 sendok makan
Santan bisa juga diambil dari perasan 1/2 butir kelapa 300 mili liter
Gula merah sisir 1 sendok teh
Bumbu halus
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting yang dibakar 7 buah
Cabai merah besar yang dibakar 2 buah
Terasi yang disangrai 1 1/2 sendok teh
Bawang putih 6 siung
Kemiri yang disangrai 5 butir
Bawang merah 10 butir

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang

  1. Ayam akan dilumuri dengan air perasan jeruk limau dan ditambah dengan garam. Agar meresap diamkan dulu kurang lebih hingga 25 menit.
  2. Apabila sudah ayam siap untuk di bakar, bakar kemudian sambil bolak-balik agar daging terpanggang di semua sisinya.
  3. Selanjutnya kita akan membuat bumbunya, caranya yaitu dengan menumis bumbu halus di atas. tumis hingga aromanya harum. Kemudian beberapa bahan siap untuk dimasukkan antara lain garam, santan dan gula merah dan aduk hingga merata.
  4. Ayam yang sudah di bakar kemudian di goreng dengan bumbu ini. Goreng hingga bumbu meresep dengan baik dan ayam matang dengan sempurna. Baiknya gunakan api kecil agar tidak gosong.
  5. Ayam yang sudah di goreng kemudian di bakar kembali hingga matang. Bumbu sisa bisa di oleskan ke daging ayam ini. Panggang dan bolak-balik hingga sisinya terkena semua.
Sepertinya anda sudah tidak sabar untuk membuat sendiri di rumah. Setelah anda baca artikel ini silakan di coba. Tentu berlatih setiap saat akan mengasah intuisi anda. Karena itu akan berpengaruh terhadap hasil masakan terbaik yang anda buat.

Bagi seorang istri tentu saja menyajikan masakan seperti ini akan sangat spesial sekali. Oke sekian dulu tips kali ini tentang resep ayam bakar taliwang. Saya berharap semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca resep menarik ini...
resep kue apem dan resep ayam bakar bumbu rujak