Resep dan Bumbu Sate Maranggi Purwakarta Asli Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep dan Bumbu Sate Maranggi Purwakarta Asli Enak

Resep dan Bumbu Sate Maranggi Purwakarta Asli Enak

Sate maranggi merupakan sate yang khas, sate maranggi Purwakarta terletak di daerah Jawa Barat dan banyak diminati oleh masyarakat. Tidak jarang mereka menjadikannya sebagai buruan kuliner yang khas di Indonesia.

Resep sate maranggi ini di buat dengan menggunakan daging kambing bisa juga dengan daging lainnya yaitu menggunakan daging sapi. Apabila sahabat berkunjung ke Purwakarta hampir terlihat di setiap sudut jalan terdapat pedagang yang menjajakan sate maranggi. Pedagang menjajakan sate maranggi dengan berkeliling, tidak sedikit yang menyukai sate maranggi ini mungkin karena cita rasa yang dihasilkan oleh sate ini berbeda dengan sate lainnya.

sate maranggi,sate maranggi purwakarta,resep sate maranggi,resep sate maranggi purwakarta,bumbu sate maranggi

Salah satunya yang khas yaitu terletak pada bumbu yang digunakan, bumbu yang dibuat dengan rasa yang manis, pedas dan asam ini mampu memikat pengunjung yang mencobanya. Dibuat dengan menggunakan kecap manis sehingga memang rasanya menyentuh lidah. Selain itu ditambah dengan sambal hijau kemudian diberi tambahan cuka lahang yaitu cuka yang terbuat dari gula aren dan disajikan dengan beberapa irisan seperti bawang merah tomat segar sungguh menggoda.

Cocoknya sate maranggi biasanya dihidangkan dengan beberapa bahan hidangan yang mantap seperti ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel. Memang selain populer di kota asalnya yaitu Jawa Barat, sate maranggi sudah menyebar ke berbagai daerah serta populer seperti di Bandung dan kota lainnya. Tidak jarang juga yang menyebutkan bahwa sate maranggi berasal dari daerah Cianjur, Purwakarta dan Jawa Barat. Namun, untuk membuat resep sate maranggi, berikut ini bisa anda coba dan dinikmati dengan ketan bakar dan sambal oncom rasanya sungguh mantap.

Resep Sate Maranggi

Bahan Ukuran
Daging khas dalam potong kecil 300 gram
Lemak sapi potong kecil 100 gram
Kecap manis 4 sendok makan
Tusuk sate Secukupnya
Minyak goreng 2 sendok teh
Bumbu dihaluskan
Bahan Ukuran
Ketumbar 1 1/2 sendok makan
Gula merah di sisir halus 75 gram
Garam 1/2 sendok teh
Bahan Sambal Oncom
Bahan Ukuran
Oncom di bakar dan haluskan 350 gram
Air 800 ml

Bumbu Sate Maranggi

Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 5 butir
Cabai rawit merah 5 buah
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kencur 5 cm
Jahe 2 cm
Cabai merah keriting 6 buah
Garam 1 sendok teh
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Uli bakar 6 potong

Cara Membuat Sate Maranggi

  1. Pertama kita buat sate terlebih dahulu yaitu dengan merendam daging dan lemak ke dalam campuran bumbu halus, kemudian kecap manis dan minyak yang sudah disiapkan di atas. Daging diremas-remas hingga tercampur dengan bumbu dan diamkan dalam lemari es kurang lebih hingga satu jam.
  2. Angkat dan keluarkan dari lemari es kemudian di tusuk dengan tusukan sate hingga daging habis. Apabila sudah siap olesi dengan bumbu dan dilanjutkan dengan proses pembakaran. Bakar hingga matang kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Berikutnya membuat sambal oncom, dimulai dengan merebus air kemudian bumbu halus yang didihkan hingga mendidih dan masukkan juga oncom. Masak hingga beberapa lama, matang dan terlihat sedikit kental. Kemudian matikan apinya.
  4. Sate sudah siap untuk disajikan.

Resep sate maranggi yang begitu sederhana ini pun bisa dibuat sendiri di rumah. Sate di hindangkan dengan piring kemudian disiram dengan bumbu oncom dan uli bakar. Sate maranggi terasa mantap untuk dihidangkan, rasanya yang mantap membuat anda makan dengan lahap. Oke sekian dulu tips bumbu sate maranggi dan resep sate maranggi Purwakarta semoga bisa menambah koleksi menu anda di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga resep menarik seperti ini...
resep puding roti dan cara membuat kue nastar